Wednesday, May 2, 2018

EXO is LEGEND


Kalo bahas EXO semangat nih aku. EXO adalah boy group asal Korea yang terdiri dari 9 member. Awalnya 12 member, tapi 3 di antaranya udah keluar dari EXO. EXO dibentuk pada tahun 2011 oleh agensi SM Entertainment lalu debut pada tahun 2012. EXO punya 2 sub grup, K dan M. EXO K lebih aktif promosi di Korea dan lagunya pake Bahasa Korea, sedangkan EXO M lebih aktif promosi di China dan lagunya pake Bahasa Mandarin.  EXO meraih puncak kepopuleran dengan dirilisnya album pertama mereka, XOXO (2013), yang mengeluarkan singel hit "Growl". XOXO sukses baik secara kritikal maupun komersial, serta berhasil memenangkan penghargaan 'Disk Daesang' di Golden Disk Awards ke-28 dan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards ke-15. Album ini terjual lebih dari satu juta kopi, menjadikan EXO sebagai musisi Korea dengan penjualan terbanyak dalam kurun waktu 12 tahun terakhir.

EXO-K dan EXO-M merilis singel debut "Mama" pada 8 April yang diikuti dengan dirilisnya album mini Mama pada 9 April. Kedua subgrup tersebut akan mempromosikan album secara terpisah di dua negara. Pada 8 April, EXO-K melakukan penampilan debut mereka di program musik Inkigayo, sementara EXO-M membuat penampilan debut mereka di Top Chinese Music Awards pada hari yang sama. Versi Mandarin dari Mama meraih posisi nomor 2 di Tangga Album Sina di Tiongkok, sedangkan album versi Korea menduduki posisi nomor 1 di Tangga Album Gaon dan nomor 8 di Billboard World Album Chart.

Long story short, pada tahun 2016, EXO punya sub unit yaitu EXO CBX yang terdiri dari Chen, Baekhyun, dan Xiumin. Sub unit ini debut dengan single Hey Mama. EXO tuh baru debut aja udah sekeren itu coba. Award yang mereka dapetin juga udah banyak banget nggak terhitung. Gila kan emang EXO luar biasa! Next aku akan bahas membernya satu persatu seperti biasa. Stay tune ya gengs.

No comments:

Post a Comment