Saturday, March 10, 2018

Babak Baru Pemberantasan Narkoba (Headline Kompas 2 Maret 2018)


JAKARTA, KOMPAS — Tantangan besar dan tidak ringan dihadapi Badan Narkotika Nasional sehingga perlu ditunjang tata kelola yang lebih baik. Presiden Joko Widodo yakin bahwa pencapaian BNN di bawah pemimpin baru akan lebih baik lagi.
Kamis (1/3), Presiden Joko Widodo melantik Inspektur Jenderal Heru Winarko menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komisaris Jenderal Budi Waseso yang memasuki pensiun. Posisi terakhir Heru adalah Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tahun 2002, ia menjabat sebagai Kepala Polda Lampung.
Belum dua bulan pada tahun 2018, hampir 3 ton narkoba jenis sabu dari China masuk melalui jalur laut dan digagalkan satuan tugas khusus Polri, Bea dan Cukai, serta Kementerian Keuangan. Saat ini, setidaknya 68 jenis narkoba baru, seperti flakka dan tembakau gorilla, beredar luas serta mudah diakses lintas generasi.
Sejumlah pihak yang dimintai pendapat mengatakan, pemberantasan narkoba di Tanah Air harus mampu menjangkau jaringan internasional. Bisnis narkoba juga terkait pencucian uang berjumlah besar yang tersebar di sejumlah negara, seperti pengungkapan kasus Rp 6,4 triliun milik bandar narkoba besar.

No comments:

Post a Comment