Saturday, March 10, 2018

Forum Tripartit Suarakan Perdamaian (Headline Kompas 3 Maret 2018)


JAKARTA, KOMPAS — Forum Tripartit antara ulama Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia yang dijadwalkan pada pertengahan Maret mendatang merupakan satu kesatuan yang utuh dan penting dengan forum bilateral yang pernah dilakukan. Forum itu akan menentukan juga pada forum selanjutnya dalam bina damai (peace building) dan proses damai (peace process) di Afghanistan.

Berbicara dengan Kompas, Jumat (2/3), di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, forum ulama tersebut diharapkan menghasilkan sebuah pernyataan damai yang akan menjadi payung dalam proses bina damai dan proses damai di negeri yang sudah 40 tahun lamanya dirobek-robek konflik yang panjang dan rumit.

Upaya perdamaian di Afghanistan, tambah Retno, sudah dicoba berkali-kali, tapi gagal. Kini, Indonesia dipilih untuk membantu penyelesaian damai di Afghanistan karena selain tidak mempunyai kepentingan politik dan ekonomi, Indonesia juga punya rekam jejak dalam menyelesaikan berbagai konflik.

Sementara itu, setelah shalat Jumat, Wakil Presiden Jusuf Kalla melaporkan kepada Presiden Joko Widodo perihal hasil pertemuan formal dan informalnya dalam bina dan proses damai yang dijalankan di Afghanistan.

”Presiden meminta upaya itu terus dilanjutkan secara intens, terutama dalam forum ulama, meskipun akan panjang waktu penyelesaiannya, Presiden meminta pembicaraan tetap dijalin dengan Presiden Ghani, ulama, dan pemangku kepentingan lainnya di Afghanistan,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment