Saturday, March 10, 2018

Lifestyle : Keluar dari Zona Nyaman


Dulu aku adalah orang yang sangat amat mageran. Bener-bener parah banget dari SMP sampe SMA nggak pernah ikut organisasi, di kelas juga nggak banyak ngomong, terus ngobrol sama temen juga bener-bener seperlunya aja, paling cuma say hi kalo papasan.

Terus semenjak masuk kuliah, aku ngerasa masa SMA ku terbuang dengan percuma karena aku nggak punya pengalaman ikut organisasi atau jadi panitia event. Pernah sih ikut jurnalistik sekolah tapi itu juga aku nggak niat-niat amat, sering skip rapat, dan ngerjain tugas seenak jidat aja. Ga niat emang.

Awal masa ospek sih aku kenalan biasa aja sama temen2 baru satu jurusan, nggak pernah nyoba buat sok asik ikut sana-sini demi ngobrol sama banyak orang dan dapet banyak temen. Sampai akhirnya beberapa saat kemudian, ada open recruitment internship jadi Eksekutif Muda BEM FISIP Undip. Ntah kenapa aku langsung tertarik banget buat daftar.

Aku mikir kalo cuma kuliah-pulang doang mah ntar nyesel nggak dapet apa-apa. Akhirnya aku memutuskan buat daftar jadi eksmud di bidang KOMINFO. Awal-awal sih pasti kepikiran ya takut nanti wawancara gimana, takut ntar kalo nggak bisa nyesuaiin sama orang-orangnya. But i decided to get out of my comfort zone.

Eh ternyata aku diterima jadi eksekutif muda. Mulai lah perkenalan sama anggota bidangku, kominfo. Anak kominfo baik semua huhuhu mereka bener-bener ngajakin aku bercanda duluan, ngajak ngobrol duluan, karena waktu awal-awal sama mereka aku sangat pendiam. Mereka hobi bercanda jadi suasananya nggak kaku-kaku amat.

Lama-lama aku merasa nyaman sama mereka. Terus kerjaan-kerjaan mulai berdatangan, rapat, event, juga lama-lama makin banyak. Di situlah aku mulai tau gimana rasanya jadi organisatoris. Ternyata menyenangkan juga. Aku mulai ngerti kalo organisasi tuh nggak cuma urusan meeting dan nyelesaiin proker aja. It's also create a bond. 

Setelah bem fisip 2016 kelar masa jabatannya, aku fix daftar jadi fungsionaris bem fisip 2017 karena udah ada gambaran gimana berorganisasi itu. Wawancara lagi, dipertemukan dengan orang baru lagi, menyesuaikan diri lagi. Tapi akhirnya berhasil diterima.

Gabung sama organisasi, ikut event, dan ketemu banyak orang bener-bener ngebantu aku banget buat lebih aktif.  Sekarang aku jadi ketagihan ikut event dan organisasi walaupun capek, tapi ngeliat proker bisa sukses itu senengnya luar biasa. Nggak cuma bisa mengembangkan diri jadi lebih baik, aku jadi merasa di kampus tuh aku punya keluarga baru. 

Kesimpulannya adalah, i'm proud of myself karena udah berani memutuskan langkah awal buat keluar dari zona nyaman. Aku masih tetep seorang introvert yang nggak bisa ketemu orang banyak mulu terus-terusan, aku masih tetep butuh waktu sendirian buat recharge energiku. Aku masih tetep ngerasa capek fisik dan pikiran kalo ketemu orang banyak dalam jangka waktu panjang. BUT AT LEAST IT GOT A LOT BETTER NOW.

Dah. panjang banget ya tulisanku kali ini. Ya gimana emang banyak yang pengen ditulis sih. Oke segitu aja daripada kalo dilanjutin makin panjang, byee!

No comments:

Post a Comment