Saturday, March 10, 2018

Lifestyle : Suka Duka jadi Blogger


Walaupun aku juga baru serius blogging tahun 2015, which is masih baru banget, tapi aku udah suka nulis dari tahun 2007. Yap udah 10 tahun yang lalu. Lama juga kalo dipikir-pikir.

Jadi blogger dibilang gampang ya nggak. Susah juga nggak susah-susah amat. Yang penting harus niat dan emang suka. Kalo udah nggak minat duluan mah nggak usah ngeblog kecuali emang ngeblog tujuannya buat journal harian yang nggak di monetize. Sukanya jadi blogger itu aku bisa mengekspresikan diriku dengan bebas, karena aku lebih bisa mengekspresikan diriku lewat tulisan daripada ngomong. Kayak semua ide, pendapat, pemikiran itu lebih enak disampaikan dengan tulisan daripada ngomong langsung. Ya ini sih faktor udah keseringan nulis dari lama juga kali ya:")

Sukanya jadi beauty blogger adalah aku bisa punya banyak temen yang punya interest sama dengan aku.

Jadi tau gimana temen-temen bikin makeup look yang keren-keren, jadi tau produk apa yang bagus dan layak dibeli, jadi tau tips-tips baru, dan nambah temen juga. Terus kadang ada tawaran kerjasama berupa endorse atau iklan, dan dari situ aku bisa dapetin produk baru tanpa ngeluarin uang, atau kalo aku lebih serius bisa dapet tambahan penghasilan dari blog dengan netapin fee kalo ada yang mau endorse aku. Tapi aku belum sampe pada tahap itu sih hehehe jadi belum dapet penghasilan dari blog.

Nggak semua hal menyenangkan. Ngeblog pun kadang bisa bikin bete. Misalnya seminggu aku lagi banyak kegiatan kampus terus liat blog udah lama nggak ada tulisan baru, mau nggak mau harus bikin tulisan baru biar blog nggak berdebu saking lama ditinggalin. Akhirnya take foto, edit, dan nulis dengan keadaan fisik yang udah capek dan pikiran ga fokus demi sebuah tulisan baru.

Kadang juga udah capek-capek nulis, nggak dapet feedback sama sekali atau malah dapet komen isinya iklan obat kuat. Kan kzl ya aing capek-capek nulis yang muncul iklan obat kuat:")

Tapi overall jadi seorang blogger itu menyenangkan.
Aku merasa seneng kalo pas take foto, editing, sampe akhirnya menerbitkan sebuah tulisan baru. Yang pastinya sebelum dipost aku selalu baca ulang tulisanku minimal 3x buat memastikan kalimat yang aku pake itu efektif dan mudah dipahami. 

That's why sampe sekarang aku masi betah jadi blogger :D

No comments:

Post a Comment