Monday, March 5, 2018

Opini : Fenomena Baper

Baper. 1 kata berjuta makna.
Di sini gue akan ngomongin sedikit tentang baper. Semoga beneran sedikit ya, kita liat aja. Karena gue adalah orang yang kalo udah cerita di blog bisa nyampe ke mana-mana wkwkwk. Okelah lanjut

Jadi di salah satu kelompok yang gue ikutin pernah ada suatu masalah. Pas kita lagi diskusiin masalah itu, salah satu orang bilang "dia sih terlalu baper"

Dan gue jadi bertanya-tanya, sebenernya apa batasan baper yang wajar dan tidak?

Nggak ada jawabannya karena tiap orang punya cara sendiri-sendiri buat menanggapi suatu hal. Contohnya gue nggak baper saat ada orang ngomongin kejelekan gue di belakang, gue nggak akan marah atau tersinggung sama orang itu karena gue gapeduli omongan orang lain wkwkw, tapi gue bakal baper kalo ada orang yang tiba-tiba diemin gue berhari-hari tanpa ngasih penjelasan apapun. Gue merasa udah melakukan kesalahan sampe-sampe orang itu diemin gue selama berhari-hari.

Terus contoh lain, gue nggak baper kalo dikasih bunga sama cowo tiap hari, tapi gue bisa baper kalo dipukpuk kepalanya doang. Itu gue ya, mungkin lu beda. Again, tiap orang punya cara pandang sendiri-sendiri. Bisa aja lu kebalikannya.

Nah terus maksud 'terlalu baper' itu gimana dong?
Karena cara pandang orang beda-beda dalam menanggapi suatu hal, lu nggak bisa ngatain orang lain 'terlalu baper'. Istilah 'terlalu baper' pun jadi kabur maknanya. Itu kan baper versi elu, sesuai standar lu. Tapi lu nggak berada di posisi dia. Lu nggak tau apa yang dia rasain.

Perasaan orang beda-beda, jadi nggak bisa diterapkan sebuah standar 'kebaperan' untuk semua orang, dan batasan baper tiap orang juga beda-beda. Ada orang yang emang gampang kepikiran dan tersinggung kalo ada masalah, ada juga orang yang bodo amat-an sama masalah.

Menurut gue nih, balik lagi ke diri kita sih. Dengan standar kebaperan tiap orang yang beda-beda, kita nggak bisa nyalahin orang lain kalo dia baper sama tingkah kita. Ntah itu tingkah yang baik ataupun yang jelek sampe bikin konflik. Dalam konteks apapun ntah itu pertemanan, romansa, kerjaan, atau yang lain. Nggak bisa nyalahin orang lain karena perasaan orang nggak ada yang tau kecuali dia sendiri dan Tuhan.

Jadi intinya mah hati-hati aja dalam bertindak karena kita nggak tau gimana orang lain akan memandang. Dan jangan pernah lu mainin perasaan orang lain hanya karena iseng atau buat becandaan. Perasaan orang gak se-bercanda itu.

Ini masalah hati yang nggak bisa seenak jidat dimainin.

Gue? Haha. Perasaan gue udah mati. Jadi jarang bisa baper lama-lama sampe serius.

Dah sekian yowwwww singkat kan ini hehe. See you!

No comments:

Post a Comment